Ini Dia Jenis Olahraga untuk Anak SD

Ini Dia Jenis Olahraga untuk Anak SD

Ini Dia Jenis Olahraga untuk Anak SD

Masa anak-anak adalah masa untuk terus bertumbuh dan berkembang. Terutama pada saat anak memasuki masa sekolah dasar. Oleh karena itu, dalam membantu upaya pertumbuhan dan perkembangannya anak harus membutuhkan olahraga. Berikut ini ada beberapa jenis olahraga untuk anak SD yang bisa Anda pilihkan untuk anak.

1. Berenang

Ada beberapa anak sangat menyukai saat berada di air. Apalagi jika Anda mengajaknya berenang di kolam renang. Sesekali saat anak sedang berlibur sekolah, ajak anak berenang dengan membelikan perlengkapan renang yang komplit. Pasalnya, berenang merupakan salah satu olahraga yang bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan anak dengan cepat.

Selain itu, berenang dapat memperkuat otot, fleksibilitas badan, mengontrol berat badan bahkan bisa juga melatih kecepatan dan kekuatan semua aspek fisik. Bahkan ada beberapa kasus, berenang dapat digunakan sebagai terapi bagi anak yang mengidap penyakit asma. Dengan begitu, anak memiliki rasa yang bebas bergerak, percaya diri dan sudah terbiasa beradaptasi hidup di air.

2. Bersepeda

Siapa yang tidak pernah melakukan kegiatan bersepeda? Sangat disayangkan jika Anda bersama keluarga terutama dengan anak, tidak pernah bersepeda. Jangan beranggapan dengan bersepeda dapat mengakibatkan badan terasa sakit semua. Justru dengan bersepeda, terutama bagi anak yang cenderung obesitas, kegiatan ini bermanfaat sekali. Apabila anak tidak bisa menggunakan sepeda roda dua, Anda bisa menambahkan dua roda lagi sebagai pengaman.

Olahraga bersepeda dapat memberikan rasa bugar dan segar terhadap seluruh badan. Selain itu, dengan Anda sebagai orangtua, bisa memperkuat ikatan keluarga atau bonding dengan anak. Selain itu juga, anak bisa belajar keseimbangan sedikit demi sedikit. Waktu yang tepat untuk bersepeda ada baiknya Anda lakukan pada jam setengah enam pagi. Pasalnya pada saat itu, cuaca dan udara sangat sejuk serta minim polusi.

3. Sepak Bola

Pasti anak laki-laki nih yang lebih suka melakukan olahraga ini. Apabila anak Anda senang dengan olahraga ini, jangan pernah mengekangnya. Cukup ingatkan saja apabila anak tidak pulang jika sudah waktunya pulang. Pasalnya, olahraga cukup memiliki kebaikan bagi kesehatan anak. Secara tidak langsung, mengajarkan kepada anak bermain secara sportif, adil dan bekerja sama dengan teman lainnya. Selain itu, tubuh anak menjadi lebih sehat karena selalu berkeringat untuk metabolisme tubuh yang baik.

4. Lari

Sebagian dari anak-anak SD pasti juga menyukai olahraga lari. Apalagi bagi anak yang memiliki sifat hiperaktif dan tidak bisa duduk diam. Anda bisa memantau anak saat melakukan olahraga ini. Apabila Anda melihat anak sudah terlihat kelelahan, jangan terlalu dipaksakan. Sekalipun berlari dapat mengontrol berat badan, memperkuat otot kaki, jika sudah terlalu lelah dan merasa dehidrasi, segera hentikan.

5. Bulu Tangkis

Olahraga yang satu ini dapat membantu anak Anda melakukan koordinasi tubuh yang bagus. Selain itu juga dapat membantu anak dalam perkembangan otak anak. Pasalnya, anak bisa belajar taktik penyerangan dan taktik bertahan. Apabila bermain tim, bisa membantu anak untuk belajar memahami bekerja secara tim.

Itulah beberapa pilihan olahraga untuk anak SD yang bisa Anda coba bersama. Jangan lupa, selalu pantau keadaan anak saat berolahraga. Jangan terlalu dipaksa apabila Anda sudah merasakan kelelahan berat. Segara berikan asupan nutrisi untuk mengganti nutrisi yang telah berkurang.