4 Perbedaan Kopi Instan dan Kopi Bubuk

Perbedaan Kopi Instan dan Kopi Bubuk

4 Perbedaan Kopi Instan dan Kopi Bubuk

Kopi merupakan salah satu minuman khas akan kenikmatannya. Bagi para pecinta kopi aktivitasnya akan terasa tidak lengkap jika tidak ditemani secangkir kopi. Berbagai macam jenis kopi memberikan kenikmatan yang berbeda-beda pula. Berikut ini perbedaan kopi bubuk dan kopi instan dari berbagai segi.

  1. Teknologi Pemprosesan

Perbedaan kedua jenis kopi ini dapat diketahui berdasarkan teknologi pemrosesannya. Pada dasarnya proses produksinya kopi bubuk cenderung memakai alat atau mesin yang sederhana dan pabrik kopi bubuk terbilang tidak besar sedang teknologi pemrosesan kopi instan biasanya memakai teknologi mesin yang canggih dan pabrik kopi yang luas dan modern serta mempunyai brand kopi yang sudah dikenal.

  1. Aroma Kopi

Perbedaan selanjutnya terlihat dari segi aroma. Aroma yang diciptakan kopi jenis instan cenderung tidak terlalu kuat dibandingkan jenis kopi bubuk. Hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh penambahan zat lain ke dalam produk kopi sehingga mengurangi bahkan mengubah aroma asli kopi itu sendiri.

Dapat dilihat fakta yang telah banyak dibicarakan bahwa tiap-tiap produk kopi jenis instan memiliki aroma yang berbeda-beda. Lain halnya pada kopi bubuk. Aroma khas kopi bubuk merupakan aroma kopi alami karena tidak dikurangi dan tidak melewati proses lain juga penambahan kimia lainnya dalam proses produksinya.

  1. Kedaluwarsa

Perbedaan kopi bubuk dan kopi jenis instan selanjutnya dapat dilihat dari batas waktu penggunaan kopi tersebut. Jenis kopi bubuk cenderung memiliki batas waktu penggunaan yang lebih pendek. Kopi bubuk hanya kuat hingga seminggu penyimpanan saja atau bahkan dalam waktu beberapa hari saja aroma kopi terkadang sudah berubah hingga timbul jamur.

Bagi Anda penikmat kopi bubuk hendaknya menyimpan kopi dalam wadah tertutup serta kedap udara untuk memperpanjang masa penggunaannya. Sedangkan berbagai kopi jenis instan yang banyak ditemui di masyarakat memiliki batas waktu kadaluarsa lebih lama karena kemasannya yang kedap udara. Meskipun begitu penyimpanan kopi juga mempengaruhi kelayakan kopi untuk dikonsumsi ya.

  1. Proses Pembuatannya

Perbedaan lainnya dapat terlihat jelas dari proses pembuatan masing-masing jenis kopi ini. Mulai dari tahap proses pengupasan biji kopi, penjemuran kopi, penggilingan kopi dan roasting akan diketahui sangat jelas perbedaan antara keduanya. Kopi bubuk biasanya tersusun dari komposisi yang alakadarnya dan natural.

Seperti yang telah diketahui kopi jenis instan tentunya dibuat dengan proses yang lebih beragam. Mulai dari proses penggilingan, kemudian melewati tahap ekstrak dimana dilakukan pengujian cita rasa kopi. Hal tersebut sebagai penyebab masing-masing produk kopi sering ditemui mempunyai rasa maupun aroma yang berbeda karena penambahan komposisi zat pendukung ke dalam kopi.

Nah, itulah 4 perbedaan kedua jenis kopi tersebut. Bagi para pecinta kopi, kopi bubuk maupun kopi instan tentunya sama-sama memiliki keistimewaan tersendiri. Nikmatilah jenis kopi manapun sesuai selera Anda. Jangan lewatkan juga berbagai varian kopi yang ditampilkan di nescafe.com